Unsur dasar yang membentuk suatu
organisasi terdiri dari :
1. Anggota organisasi.
Yaitu, Orang-orang yang melaksanakan
pekerjaan organisasi, membentuk organisasi serta terlibat dalam beberapa
kegiatan primer. Orang-orang ini terlibat juga dalam kegiatan
pemikiran-pemikiran yang meliputi konsep-konsep, penggunaan bahasa, pemecahan
masalah, dan pembentukan gagasan. Mereka juga terlibat dalam kegiatan-kegiatan
perasaan yang mencakup emosi, keinginan, dan aspek-aspek perilaku manusia
lainnya yang bukan aspek intelektual. Mereka juga terlibat dalam kegiatan
self-moving (mencakup kegiatan fisik). Dan mereka terlibat juga dalam kegiatan
elektrokimia yang mencakup brain synaps (daerah kontak otak tempat impuls saraf
ditransmisikan hanya ke satu arah).
2. Pekerjaan dalam organisasi
Pekerjaan ini terdiri dari
tugas-tugas formal dan tugas-tugas informal. Tugas-tuguas ini menghasilkan
produk dan memberikan pelyanan organisasi. Pekerjaan ini ditandai oleh tiga
dimensi universl ;
- Isi
- Keperluan
- Konteks
- Praktik-praktik pengelolaan
Tujuan primer pegawai manejerial
adalah menyelesaikan pekerjaan melalui usaha orang lainnya. Manejer membuat
keputusan mengenai bagaimana orang-orang lainnya, biasanya bawahan mereka,
menggunakan sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan mereka.
Sebagian manejer membawahi para pekerja yang beroperasi dan sebagian lainnya
membawahi manejer-manejer lainnya.
- Stuktur Organisasi
Merujuk kepada hubungan-hubungan antara tugas-tugas yang dilaksanakan oleh anggota-anggota organisasi. Struktur organisasi di entukan oleh tiga variable kunci : - Kompleksitas
- Formalisasi
- Sentralisasi
- Pedoman Organisasi
Adalah serangkaian pernyataan yang
mempengaruhi, mengendalikan dan memberi arahan bagi anggota organisasi dalam
mengambil keputusan dan tindakan. Pedoman organisasi tersiri atas :
pernyataan-pernyataan seperti cita-cita, misi, tujuan, strategi, kebijakan,
prosedur dan aturan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar