Manajemen adalah semua bentuk organisasi
dimana orang-orang bekerja bersama mencapai tujuan yang telah ditetapkan,
membutuhkan manajemen. Manajemen diperlukan organisasi agar usaha pencapaian
tujuan menjadi lebih mudah.
Secara spesifik ada tiga
alasan utama dibutuhkannya manajemen dalam organisasi, yaitu
1. Mencapai
tujuan, manajemen mempermudah pencapaian tujuan organisasi dan pribadi.
2.
Menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan
yang saling bertentangan, manajemen menyeimbangkan tujuan-tujuan dan
kegiatan-kegiatan yang saling bertentangan di antara pihak-pihak yang
berkepentingan dalam organisasi (stakeholders) seperti pemilik, karyawan,
konsumen, pemasok dan lain-lain.
3.
Mencapai efisiensi dan efektifitas, efisiensi
dan efektifitas merupakan ukuran prestasi organisasi.
Menurut Peter Drucker
efisiensi adalah melakukan pekerjaan dengan benar (doing thing right)
dan efektifitas adalah melakukan pekerjaan yang benar (doing the right thing).
Efisiensi
merupakan kemampuan untuk melakukan pekerjaan dengan benar, berkaitan dengan
biaya-biaya yang ditimbulkan dalam melakukan aktivitas. Mengukur biaya dari
sumber daya yang diperlukan dalam rangka mencapai suatu tujuan. Sedangkan
efektivitas merupakan kemampuan memilih alat yang tepat untuk mencapai tujuan
yang telah ditetapkan, berkaitan dengan melakukan pekerjaan yang seharusnya
dilakukan dan merupakan ukuran tentang pencapaian suatu tugas atau tujuan.
Sejauh mana tugas atau tujuan telah dicapai.
Yang dimaksud dengan Efisiensi adalah menyelesaikan pekerjaan dengan usaha,
biaya, atau pemborosan yang minimum. Jadi efisiensi adalah kemampuan
untuk melakukan pekerjaan dengan benar. Sedangkan Efektivitas adalah penyelesaian tugas-tugas yang membantu
pencapaian sasaran organisasi atau bisa juga dikatakan efektivitas
adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat/melakukan pekerjaan yang
benar.
Tata kerja adalah pembentukan sebuah strutur kerja yang disusun dengan
membentuk badan utama yang bertugas membuat skat-skat bagian dari sebuah
organisasi atau anggota kelompok dan juga menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
Dengan tata kerja yang dilakukan dengan tepat, dapat mengandung arti
bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan juga
praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya
ditujukan untuk dapat mencapai point-point sebagai berikut:
a. Menghindari
terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan
waktu yang tersedia.
waktu yang tersedia.
b. Menghindari
kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran
dalam proses pencapaian
tujuan.
tujuan.
c. Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar